Selasa, 15 Maret 2011

Mengapa ITB-SAT

Sekarang ini sedang berjalan kolaborasi pengembangan satelit di kalangan perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan tinggi yang terlibat adalah ITB, UGM, ITS, UI, ITTelkom dan PENS, dengan didukung oleh LAPAN (engineer) dan Dikti dalam hal pendanaannya.




Kerjasama ini diwadahi dalam project bernama INSPIRE dengan satelit yang akan dinamakan IiNUSAT (Indonesia inter University Satellite). 



Namun kami menyadari bahwa kolaborasi desain satelit yg melibatkan banyak institusi seperti dalam INSPIRE tsb tidaklah ideal, karena kendala jarak menyerap banyak energi dan biaya. Jadi kami sepakat bahwa kolaborasi tsb adalah sementara untuk saling belajar, sehingga setelah 3-5 tahun, masing-masing perguruan tinggi telah mampu secara mandiri melakukan rancang bangun satelit (dan operasi). Kesepakatan lainnya adalah setelah kolaborasi selesai, perkembangan teknologi satelit di Indonesia akan diakselerasi dg cara kompetisi....yang sehat tentunya.


Mari kita sukseskan kemandirian bangsa dengan mengembangkan ITB-Sat, UGM-Sat, UI-Sat, ITS-Sat, ITT-Sat, PENS-Sat dan selanjutnya....

1 komentar: