Selasa, 26 April 2011

Konsep Awal On Board Computer dan Sistem Komunikasi

1.      Fungsi

      OBC (On-board Computer) dapat dianalogikan sebagai otak dari keseluruhan sistem nanosatelit. OBC bertanggung jawab untuk melakukan decision-making sesuai dengan kondisi yang ada. Selain itu, OBC juga menghasilkan sinyal pemodulasi m(t) dimana sinyal ini merepresentasikan informasi-informasi yang ingin dikirimkan oleh space segment kepada ground segment.

       Sinyal m(t) inilah yang akan diproses oleh subsistem Communication System untuk menhasilkan transmisi yang reliable. Yang disebut reliable pada komunikasi digital adalah ketika BER (Bit Error Ratio) kurang dari angka tertentu, biasanya 10^-3. Sedangkan pada komunikasi analog, reliabilitasi ini diwakili oleh angka SNR (Signal to Noise Ratio) sebesar 40 dB.

2.      Konsep

    Secara umum, konsep dari subsistem OBC dan Communication System dapat digambarkan sebagai berikut.

    
     Pada gambar di atas, yang digunakan sebagai OBC (On-board Computer) adalah Arduino Mega.  Sedangkan blok Transceiver Nir-kabel dapat dijabarkan sebagai berikut. Bagian atas adalah space segment sedangkan bagian bawah adalah ground segmentnya.


      Tampak bahwa Communication System menggunakan protokol AX.25 yang banyak digunakan pula pada nanosatelit-nanosatelit lain di dunia. Pada protokol AX.25 ini, TNC (Terminal Node Controller) memegang peranan yang paling penting. TNC inilah yang mengimplementasikan protokol AX.25. Struktur data AX.25 dapat digambarkan sebagai berikut.


      Spesifikasi dari subsistem Communication System secara umum adalah sebagai berikut

      a. Frekuensi uplink 435MHz, downlink 145MHz
      b. Protokol komunikasi AX.25
      c. BER maksimal 10^-3
      d. Data rate 1200bps
      
   Semua spesifikasi di atas dipilih berdasarkan trend, yaitu berdasarkan spesifikasi kebanyakan nanosatelit di dunia. 


by: Hizbullah Abdul Azis Jabbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar